Menu Close

Derden Verzet karena hak milik

Derden verzet atau perlawanan pihak ketiga merupakan hak yang diberikan pasal 165 ayat 6 HIR atau pasal 379 Rv bagi seseorang yang tidak terlibat dalam suatu proses perkara, untuk menentang suatu tindakan yang merugikan kepentingannya. Tindakan itu karena adanya suatu putusan yang dilawannya.

Derden verzet atas alasan hak milik adalah yang paling sering di jumpai dalam suatu kasus. Dalil hak milik dalam suatu gugatan perlawanan yang diajukan pihak ketiga, bisa ditujukan terhadap sitra eksekusi yang dilakukan Pengadilan. Kebolehan mengajukan gugatan Derden verzet terhadap eksekusi putusan yang telah berkekuatan hukum tetap, terbuka selama eksekusi belum selesai dilaksanakan. Apabila eksekusi sudah selesai dilaksanakan upaya yang dapat ditempuh pihak ketiga bukan lagi bentuk perlawanan tetapi harus berbentuk upaya gugatan.

Pada kenyataannya banyak gugatan Derden verzet yang dimanipulasi. Pihak tereksekusi bersekongkol dengan pihak ketiga. Untuk itu diaturlah suatu permainan curang bahwa barang tersebut telah dihibahkan atau telah dijual kepada pihak ketiga. Permainan curang itu benar-benar didukung oleh akta hibah atau jual-beli yang diberi tanggal, jauh sebelum terjadi perkara. Itu sebabnya, banyak sekali ditemui kasus Derden verzet, yang datang dari saudara, anak atau orangtua tereksekusi.

See also  Tanggapan: PERADI Kembali Buka Pendaftaran Verifikasi dan Pendataan Ulang Advokat
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
bogi

makasih udah ngebantu saya sebagai akademisi

brain

Thanks utk tulisan derden verzetnya,tapi agak lebih “deep” doong pembahasannya,mungkin dengan menyertakan contoh kasus derden verzet yang lebih rinci.Bagaimana juga dokumen2 akta palsu itu bisa ada dgn tanggal yg jauh sebelum perkara ada?apakah aktanya bisa otentik?

Dahrul S.H

contoh
perlawanan terhadap sita jaminan (conservatoir Beslag) berdasarkan berita acara sita jaminan No……dalam perkara anatara Mr. X dengan Mr. Y.
bahwa sita jaminan No….. merugikan kepentingan hak pelawan sebagai pemilik dan pemegang hak yang sah atas tanah dan bangunan

pokok persoalanya Mr. Y wanprestasi (berbuat tetapi tidak sesai dengan perjanjian) dengan pelawan dimana tanah yang dijaminkan oleh Mr Y dijaminkan kepada Mr. X dan bukan kepada bank sehingga pelawan mendalilkan perjanjian antara Mr. Y dengan Mr. X tidak mempunyai kekkuatan hukum sementara Mr. X telah menggugat Mr. Y Ke pengadilan yang dimemenangkan Mr. X.

pelawan telah mengajukan Derden Verzet sehingga eksekusi/ penyerahan kepada Mr. X terhalang oleh Perlawanan oleh pihak ke Tiga